Street Punk

12.19

Malam ini saya mau ngejelasin tentang "STREET PUNK"
iya bener banget pasti yang ada di pikiran kalian adalah anak berandalan yang suka nongkrong di pinggir jalan atau kolong jembatan, mabok-mabokan, nodong orang, nyopet, rambut mohawk kayak sapu, tindikan di mana-mana, sepatu boots, perilaku minus dan hal negatif lainnya.. itu sih yang biasa di bilang sama orang-orang kebanyakan.

hari ini kita mau nyapu di mana nih?
Sebenernya Street Punk itu gak sejelek yang ada di fikiran kita loh. sebenernya apa sih punk itu sendiri?


Punk merupakan sub-budaya yang lahir di London, Inggris. Pada awalnya, kelompok punk selalu dikacaukan oleh golongan skinhead. Namun, sejak tahun1980-an, saat punk merajalela di Amerika, golongan punk dan skinhead seolah-olah menyatu, karena mempunyai semangat yang sama. Namun, Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir di awal tahun1970-an. Punk juga bisa berarti ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik.
Gerakan anak muda yang diawali oleh anak-anak kelas pekerja ini dengan segera merambah Amerika yang mengalami masalah ekonomi dan keuangan yang dipicu oleh kemerosotan moral oleh para tokoh politik yang memicu tingkat pengangguran dan kriminalitas yang tinggi. Punk berusaha menyindir para penguasa dengan caranya sendiri, melalui lagu-lagu dengan musik dan lirik yang sederhana namun kadang-kadang kasar, beat yang cepat dan menghentak.

Banyak yang menyalah artikan punk sebagai glue sniffer dan perusuh karena di Inggris pernah terjadi wabah penggunaan lem berbau tajam untuk mengganti biryang tak terbeli oleh mereka. Banyak pula yang merusak citra punk karena banyak dari mereka yang berkeliaran di jalanan dan melakukan berbagai tindak kriminal.

Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan dan tingkah laku yang mereka perlihatkan, seperti potongan rambut mohawk ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai dengan warna-warna yang terang, sepatu boots, rantai dan spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga banyak yang mengira bahwa orang yang berpenampilan seperti itu sudah layak untuk disebut sebagai punker.
Punk juga merupakan sebuah gerakan perlawanan anak muda yang berlandaskan dari keyakinan we can do it ourselves. Penilaian punk dalam melihat suatu masalah dapat dilihat melalui lirik-lirik lagunya yang bercerita tentang masalah politik, lingkungan hidup, ekonomi,ideologisosial dan bahkan masalah agama.
Kaum jalanan atau lebih sering disebut “street punk” adalah sebuah pemberontakan dalam gaya hidup dimana mereka bisa merasakan hidup susah, tidur di emperan toko,mengamen untuk membeli satu bungkus nasi, berjuang dengan kerasnya kehidupan di kota-kota besar. Walaupun beberapa di antara mereka saya tau sebenarnya mempunyai pendidikan yang cukup dan mempunyai orangtua yang berpenghasilan yang lumayan, mereka hanya ingin merasakan bahwa sebelum mereka “jatuh” ada baiknya merasakan terlebih dahulu jatuh itu dan bagaimana kita harus “bangkit” kembali.
Entah mengapa mereka mengambil jalan tersebut, tapi menurut saya tanpa mengambil jalan tersebut pun kita bisa sanggup. Inilah cerita tentang pengalaman dan pengetahuan saya tentang jiwa seorang punk, dan punk sendiri mempunyai ideologi yang bermacam-macam, karena itulah punk adalah jiwa yang mempunyai kebebasan namun masih tetap berdiri pada aturan-aturan yang ada .
itu kata M.I.Rizky melalui tulisannya di http://www.wikimu.com/news/DisplayNews.aspx?id=16104

menurut saya pribadi kaum street punk itu adalah mereka-mereka yang berani untuk mengungkapkan kegelisahan pada diri mereka dengan cara yang amat sangat berbeda dengan orang-orang di sekitarnya. Janganlah kita terlalu menganggap bahwa street punk itu melulu negatif. tapi, kita juga harus melihat bagaimana cara mereka berpikir dan bagaimana mereka menjaga ideologi mereka, yang dengan gamblang melalui lirik-lirik lagu mereka yang kadang tidak terlalu di hiraukan banyak orang malah mengandung kritikan pedas dan tersirat makna yang membuat kita lebih berfikir secara rasional

sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/punk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJ03RvnqeUB-g3ZJEbum2gj83kOXdQcQeLDTagKd8CwXtNH09yylZQpGJ52CKfB9kHRd4F32wJBzvOvXsQ1bgcadpV3qXHoS_JaZi1F9tbkH4yzpT_i_sIhAUzLnxmxGC34BiFPz_FFNBp/s400/street_punk.jpg
http://www.wikimu.com/news/DisplayNews.aspx?id=16104

You Might Also Like

0 komencil

Subscribe